RSS Feed

Jumat, 12 Maret 2010

Tugas Manajemen Strategik Pertama

TUGAS MANAJEMEN STRATEGIK 1
1. a. Jelaskan bagaimana proses manajemen strategik

b. Jelaskan apa maksud dari bagan tersebut
Maksud dari bagan tersebut adalah setiap perusaaan harus mempunyai strategi bisnis yang jelas, sebelum dapat mencapai tujuan yang diinginkan, perusahaan harus mempunyai visi dan misi perusahaan yang akan dicapai. Lalu perusahaan harus mempunyai tujuan untuk jangka pendek, menengah, ataupun panjang, lalu perusahaan juga diharuskan membuat suatu strategi persaingan. Menetapkan dan mengimplementasikan strategi tersebut, jika memang strategi yang dipakai belum terlalu baik untuk bersaing, maka perusahaan harus melakukan perbaikan-perbaikan terhadap strategi tersebut untuk dapat menghadapi persaingan yang lebih kuat lagi.
2. a. Jelaskan ada definisi Misi, dan Tujuan Organisasi
Misi Perusahaan : menjelaskan kegunaan dan alasan mengapa suatu perusahaan ada. Biasanya memberikan gambaran yang jelas tentang cirri pokok produk yang ditawarkan dan tekhnologi yang digunakan oleh perusahaan, kebutuhan konsumen yang hendak dipenuhi & konsumen yang hendak dituju, serta karakter, pasar dimana perusahaan akan bersaing, komitmen terhadap karyawan, filosofi diri serta citra perusahaan yang diharapkan dari masyarakat.
Tujuan organisasi merupakan keadaan atau tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi di waktu yang akan datang melalui kegiatan organisasi.
Fungsi-fungsi tujuan:
1.Sebagai dasar bagi organisasi untuk mencapai hasil akhir.
2.Sumber legitimasi guna mendapat sumber daya.
3.Standart pelaksanaan.
4.Sumber motivasi
5.Dasar rasional pengorganisasian.
Tujuan Perusahaan :
Secara umum, tujuan dikategorikan ke dlm 2 jenis yaitu :
1. Tujuan umum (goals)
2. Tujuan khusus (objectives)
b. Buatkanlah contoh rumusan masing-masing, dengan cara jelaskan terlebih dahulu apa Definisi Bisnis (bidang usaha) organisasi/perusahaan.
Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Atau suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.
Tujuan Bisnis
Setiap Bisnis atau perusahaan berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen produk dapat berupa barang atau jasa. Tujuan perusahaan membuat produk adalah untuk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen. 4 faktor produksi dalam perusahaan :
1. Sumber Daya Alam
2. Sumber Daya Manusia
3. Modal, dan
4. Informasi

Visi

To become a leading InfoCom player in the region

Telkom berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.

Misi

Telkom mempunyai misi memberikan layanan " One Stop InfoCom Services with Excellent Quality and Competitive Price and To Be the Role Model as the Best Managed Indonesian Corporation " dengan jaminan bahwa pelanggan akan mendapatkan layanan terbaik, berupa kemudahan, produk dan jaringan berkualitas, dengan harga kompetitif.

Telkom akan mengelola bisnis melalui praktek-praktek terbaik dengan mengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang kompetitif, serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung secara sinergis.
3. a. Jelaskan yang dimaksud dengan analisis lingkungan eksternal organisasi
Analisis lingkungan eksternal merupakan aktivitas memonitor dan mengevaluasi lingkungan eksternal dan internal organisasi kepada orang-orang penting yang ada dalam perusahaan. Lingkungan eksternal dibedakan atas lingkungan makro dan lingkungan industri. Untuk menganalisis lingkungan tersebut menggunakan metode SWOT ( Strength and Weaknesses untuk analisa lingkungan internal, Opportunities and Threats untuk analisa lingkungan eksternal).
b. Contoh-contoh faktor yang dianalisis dalam lingkungan sosial (makro) dan lingkungan tugas (mikro)
- Faktor yang dianalisis dalam analisis lingkungan sosial (Makro)
· Perubahan lingkungan bisnis yang tidak bisa dikontrol
· Perkembangan teknologiyang setiap saat mengejutkan
· Tensi politik yang berubah setiap pergantian kepemimpinan
· Tumbuhnya blok-blok negara diberbagai kawasan dalam rangka proteksi kepentingan
- Faktor yang dianalisis dalam analisis lingkungan tugas (Mikro)
· Pelanggan
Pelanggan membeli produk barang dan jasa, perusahaan tidak dapat hidup tanpa dukungan pelanggan. Oleh karena itu, untuk mencapai keberhasilan usahanyasuatu perusahaan perlu mengamati perubahan kebutuhan dan keinginan pelanggan..
· Pesaing
Pesaing adalah perusahaan didalam industri yang sama dan menjual produk dan jasa kepada pelanggan. Seringkali perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan usaha tergantung pada apakah perusahaan melakukan pelayanan yang baik dari para pesaing lainnya. Karena itu, perusahaan harus melakukan analisis bersaing, yaitu menentukan siapa pesaingnya, mengantisipasi pergerakan pesaing, serta menghitung kekuatan dan kelemahan pesaing
· Pemasok
Pemasok adalah perusahaan yang menyediakan bahan baku, tenaga kerja, keuangan, dan sumber informasi kepada perusahaan lain. Terdapat hubungan saling ketergantungan antara pemasok dan perusahaan. Ketergantungan perusahaan pada pemasok adalah pentingnya produk pemasok pada bagi perusahaan dan sulitnya mencari sumber lain sebagai pengganti.
· Perwakilan-perwakilan Pemerintah
Hubungan organisasi dalam perwakilan-perwakilan pemerintah berkembang semakin kompleks. Peraturan-peraturan industri yang ditetapkan oleh perwakilan pemerintah ini harus ditaati oleh organisasi dalam operasinya, prosedur perijinan, dan pembatasan-pembatasan lainnya untuk melindungi masyarakat.
· Lembaga Keuangan
Ornagisasi-organisasi tergantung pada bermacam-macam lembaga keuangan, seperti bank-bank komersial, bank-bank instansi, dan perusahaan-perusahaan asuransi termasuk pasar modal. Lembaga ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk menjaga dan memperluas kegiatan-kegiatannya seperti pendanaan, untuk membangaun fasilitas baru dan membeli, serta membelanjakan operasi-operasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar